Header Ads Widget

Praktik Baik informatika asyik dengan APP Cantiggg secara Realtime

 Praktik Baik

Informatika asyik dengan APP Cantiggg secara Realtime







Inovasi pembelajaran pada masa ini sangat diperlukan untuk menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan kodarat zaman siswa. Kondisi siswa dengan partisipasi rendah di dalam kelas dan juga fokus yang kurang mendorong saya sebagai guru untuk berinovasi dalam pembelajaran. Informatika merupakan pembelajaran yang sangat dekat dengan perkembangan teknologi dan digitalisasi. Berdasarkan permasalahan dan peluang yang ada di sekolah, saya kemudian berani untuk melaksanakan praktik baik ke dalam pembelajaran informatika dengan sebutan APP Cantiggg dalam rangka mencipatakan pembelajaran informatika yang asyik. 

APP Cantiggg merupakan aplikasi yang saya kembangkan dengan cara menggabungkan berbagai platform digital sebagai media pembelajaran. APP Cantiggg sendiri merupakan akronim dari Aplikasi Canva TikTok Instagram Google Form Google Data Studio dan Google Sites. Aplikasi ini saya manfaatkan sebagai media asesmen yang saya lakukan di dalam kelas. Asesmen yang saya berikan berupa penugasan yang mana siswa saya minta untuk menuangkan hasil belajar yang telah dilakukan ke platform Canva. Produk dari Canva kemudian diunduh dalam bentuk video atau dengan format MP4. 

Setelah produk diunduh, siswa saya minta untuk mengunggah video tersebut ke sosial media, baik Instagram maupun TikTok. Pemilihan aplikasi ini didasarkan pada tingginya minat peserta didik dalam menggunakan media sosial tersebut. Selain itu, melalui unggah di sosial media ini juga dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk membangun branding pada sosial medianya masing-masing. Kemudian pada tahap pelaporan, saya memberikan tautan google form yang digunakan untuk melaporkan tautan unggahan pada sosial media siswa. Data yang sudah diinputkan ditampung ke dalam google data studio. Melalui platform google data studio ini sisswa dapat melihat perkembangan laporan data secara realtime. Siswa dapat mengakses data, baik nilai maupun peraangkat pembelajaran yang sudah diinputkan dalam google sites, sehingga sisswa dapat mengaksesnya dalam satu tautan yang saya berikan. Transparani ini kemudian berdampak pada meningkatnya motivasi belajar siswa melalui tumbuhnya semangat berkompetisi dalam belajar.

Selain dalam kegiatan pembelajaran, saya juga mengimbaskan praktik baik ini dalam MGMP Informatika Kabupaten Klaten pada tanggal 4 Oktober 2024 di SMAN 1 Jogonalan. Saya juga berbagi praktik baik ini melalui video yang saya buat dan saya unggah melalui media sosial seperti Tiktok, Instagram dan Youtube. Melalui kegiatan-kegiatan ini saya berharap inovasi yang telah saya lakukan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi rekan sejawat guru untuk terus berinovasi. 

Post a Comment

0 Comments